Jumat, 10 Februari 2012

Isu Terkini Tentang Teknologi Informasi Green ICT


Green ICT adalah sebuah konsep yang umumnya dikaitkan dengan upaya mengurangi konsumsi energi dan sumber daya alam lainnya, di samping emisi dan sampah yang dihasilkan dari kegiatan di bidang teknologi informasi dan komunikasi.
Pengaplikasian konsep Green ICT tersebar luas di berbagai proses bisnis. Intinya, pengusaha atau siapapun yang terkait dengan bidang ICT diharapkan dapat melakukan efisiensi untuk mendukung pelestarian lingkungan di sekitarnya.
Kemudian, kecanggihan layanan internet yang mendukung penggunaan electronic mail (e-mail) untuk berkomunikasi dengan kolega bisnis Anda dan transmisi data dengan cepat ikut mengampanyekan pengurangan penggunaan kertas, yang berarti semakin sedikit pohon yang ditebang untuk itu. Dengan berkurangnya penebangan pohon, sekali lagi kita akan menikmati emisi karbon yang rendah.
Efisiensi ramah lingkungan di sekitar bidang ICT termasuk menerapkan telekonferensi yang dapat mengurangi biaya perjalanan, yang berdampak pada penurunan emisi karbon, namun tetap mampu meningkatkan produktivitas usaha.
Namun sebenarnya, lebih dari itu, efisiensi ICT yang ramah lingkungan ternyata dapat membantu perusahaan di mana pun untuk juga menikmati efisiensi biaya yang luar biasa.

Contoh dari penerapan green ICT di dunia saat ini:
Tablet PC adalah laptop - atau komputer portable berbentuk seperti buku. Memiliki layar sentuh atau teknologi tablet digital yang memungkinkan pengguna komputer mempergunakan stylus atau pena digital selain keyboard ataupun mouse komputer.

Pengguna bisa memasukkan teks mempergunakan program yang mengenali tulisan tangan, keyboard dalam monitor, pengenal percakapan, atau keyboard biasa (apabila ada).
Banyak Tablet PC mempergunakan digitaliser, yang menghantarkan masukan posisi pena ke komputer dengan cepat.

Tablet PC menggunakan layar LCD sentuh, dapat digunakan untuk menulis dengan tangan menggunakan sejenis pulpen khusus yang disebut stylus. Layarnya pun dapat diputar ke atas dan ke bawah sehingga posisi keyboard menghadap tanah/pangkuan/meja dan posisi layar tidur menghadap keatas. Layar Tablet PC juga dimungkinkan untuk bergerak memutar mirip gerakan orang menoleh, hingga 360 derajat.

Orang-orang yang mencari komputer mobile memiliki pilihan untuk mendapatkan laptop konvensional atau tablet pc. Yang membedakan antara tablet pc dan laptop konvensional adalah fungsi layar sentuh (touchscreen) yang ditawarkan oleh tablet pc. Ini berarti Anda dapat berinteraksi dengan komputer melalui pena digital (stylus) atau bahkan jari Anda dengan menyentuh layar. Oleh karena itu, sangat mungkin untuk menggunakan tablet pc tanpa membutuhkan keyboard atau mouse.

Tablet PC dengan merk apapun yang anda pilih, semua tablet PC memiliki keunggulan-keunggulan sebagai berikut :

1. Interface Touchscreen

Tablet PC dapat digunakan seperti layaknya sebuah buku catatan dengan pena melalui Interface touchscreen yang disediakan. Ini artinya anda dapat menulis, menggambar atau melakukan efek manipulasi gambar di layar dengan menyentuh layar. Dengan kata lain anda bisa melakukan pekerjaan yang rumit seperti menggambar yang tidak dapat dilakukan dengan mudah oleh keyboard standard dan mouse.

2. Tulisan Tangan

memungkinkan penggunanya untuk menulis di layar dan dapat berguna dalam situasi di mana diperlukan pencatatan seperti dalam rapat atau di kelas. Kemampuan menulis juga bermanfaat bagi orang yang banyak melakukan pengisian formulir - dalam keadaan ini formulir ditampilkan pada layar dan diisi oleh tangan. Tablet laptop juga memiliki kemampuan untuk mengenali tulisan tangan dan menerjemahkannya ke dalam teks komputer sehingga dapat disimpan sebagai file pengolah kata atau dikirim dalam email.

3. Tangguh

ablet PC dirancang agar layar dapat ditulisi sehingga didesain dengan desain yang lebih handal daripada laptop konvensional. Ini berarti juga lebih mampu menahan dampak benturan. Beberapa tablet pc juga dapat menahan tumpahan cairan.

4. Ultra Mobilitas

Kenyataan bahwa laptop tablet dirancang ergonomis, tangguh dan memiliki layar sentuh yang dapat ditulis di atasnya, memungkinkan mereka untuk menjadi sangat mobile sehingga Anda dapat membuat catatan pada tablet pc sementara anda berjalan seperti yang mungkin Anda lakukan dengan kertas catatan dan pena .

Singkatnya, sebuah tablet pc ini sangat ideal bagi orang yang berada di luar ruangan dan perlu berinteraksi dengan lingkungan namun tetap didukung oleh fitur lengkap komputer

Mengemudi Mobil Cukup dengan Mata

Inovasi di dunia teknologi seolah tak pernah ada habisnya. baru-baru ini Seorang ahli komputer di Jerman mengembangkan teknologi terbaru yang memungkinkan pengemudi mobil mengendalikan stir mobil hanya dengan gerakan mata.

Raul Rojas, ahli komputer Jerman mempresentasikan inovasi teknologi tersebut di Berlin’s Free University. Stir mobil akan bergerak mengikuti arah mata pengemudi yang telah terhubung dengan perangkat sensor pengendali.

Rojas mengklaim, perangkat dan program Eye-Driver adalah terobosan terbaru. Karena tak menggunakan remote control. mata pengemudia akan dideteksi dan diubah menjadi sinyal pengontrol. Demikian dilansir Times of India, Sabtu (24/4/2010).

Sebelumnya, para ahli di Jerman juga telah mengembangkan pengendali mobil jarak jauh dengan menggunakan iPhone. Lewat iPhone pengemudi cukup menekan tombol dan memainkan iPhone untuk mengganti pedal gas. iPhone tersebut berfungsi layaknya remote control.
(ugo)

1 komentar:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai teknologi informasi, silahkan dikunjungi dan dibaca untuk menambah wawasan, berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2594/1/UG_SNATI2009.Teknik.Informatika.UII.B9.Damerianta.Pengaruh.Pene.pdf
    trimakasih

    BalasHapus