Jumat, 10 Februari 2012

E-commerce dan E-business




E-Commerce (EC) adalah pembelian dan penjualan barang atau jasa melalui sistem elektronik seperti internet dan jaringan komputer lainnya.
(http://en.wikipedia.org/wiki/E-commerce)
E-business adalah praktek pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama seperti perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan, dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi, komputer, dan data yang telah terkomputerisasi.
(Steven Alter. Information System: Foundation of E-Business. Prentice Hall. 2002)
E-Commerce adalah bagian dari e-business karena adanya penggunaan teknologi informasi berupa internet dan jaringan komputer lainnya untuk menjalankan proses bisnis utama berupa pembelian dan penjualan.
Model e-commerce.
· B2B (business to business): model e-commerce dimana pelaku bisnisnya adalah perusahaan dengan perusahaan lainnya.
o Contoh : beberapa situs e-banking yang melayani transaksi antar perusahaan.
· B2C (business to customer): model e-commerce dimana pelaku bisnisnya melibatkan langsung antara penjual (penyedia jasa e-commerce) dengan individual buyers atau pembeli.
o Contoh : Amazone.com
· C2B (customer to business): model e-commerce dimana pelaku bisnis perorangan atau individual melakukan transaksi atau interaksi dengan suatu atau beberapa perusahaan.
o Contoh : Priceline.com
· C2C (customer to customer): model e-commerce dimana perorangan atau individu sebagai penjual berinteraksi dan bertransaksi dengan individu lain sebagai pembeli.
o Contoh : Ebay.com
· B2B2C (business to business to customer): model e-commerce dimana suatu perusahaan akan bersifat sebagai broker atau perantara dengan perusahaan lain yang akan berinteraksi dan bertransaksi dengan consumen atau pembeli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar