Jumat, 10 Februari 2012

Media Komunikasi Kabel


Secara umum media taransmisi data dibedakan menjadi dua, yaitu media kabel (wireline) dan Media nirkabel /tanpa kabel (wireless)

media komunikasi kabel: kabel dan kawat

Merupakan media taranmisi guided, disebut guided karena dapat mentransmisikan serta memandu arah gelombang kepada penerima data. Media ini biasanya digunakan jika jarak sumber dan penerima tidak terlalu jauh.
Media transmisi data yang berupa kabel ada tiga jenis
  1. Kabel Koaksial ( Coaxsial Cable) : terdiri dari duabuah konduktor yang terpisah oleh isolator.
  2. Kabel Dua Kawat ( Twisted Pair Cable) : Terdiri beberapa pasang kawat yang digulung dalam satu bendel.
  3. Kabel Serat Optik (Fiber Optik Cable) : Kabel yang mengirimkan informasi dengan cara menghantarkan informasi dalam gelombang cahaya.
twisted-pair wire, kabel yang keluar dari rumah anda menuju ke sentral telepon lokal atau bawah tanah, biasanya berupa kabel pilin.Nama Twisted Pair berasal dari fakta bahwa ia terdiri dari kabel tembaga yang dililit berpasangan. Tujuan pelilitan tersebut adalah untuk mengurangi kelemahan mereka terhadap noise elektris, baik itu yang berasal dari dalam kabel (pair to pair coupling atau crosstalk) dan dari luar kabel (interferensi elektromagnetik) “EMI” dan interferensi frequensi radio “RFI”). Kabel jenis ini hanya bisa membawa data dengan kecepatan 1 sampai 128 megabit per detik. Namun karena sudah populer maka kabel ini akan tetap digunakan hingga tahun-tahun mendatang. Baik untuk pesan suara (telepon) atau maupun data komputer.
kabel koaksial, disebut juga kabel co-ax, merupakan kabel transmisi berfrekuensi tinggi yang terdiri dari kawat tembaga yang terbungkus dalam pelindung logam dan kemudian dibungkus lagi dengan pelindung plastik eksternal. Merupakan kabel yang paling banyak digunakan dalam jaringan komputer terutama pada saat masa di mana topologi bus paling populer digunakan. Kabel jenis ini menjadi pilihan karena 2 alasan utama yaitu murah dan mudah digunakan. Contoh kabel coaxial ini adalah kabel antena TV. Kabel coaxial ini terbagi lagi dalam 2 tipe yaitu thin (thinnet) dan thick (thicknet). kecepatan hingga 200 megabit per detik.
kabel serat optik, Kabel Fiber Optik adalah teknologi kabel terbaru. Terbuat dari glas optik. Di tengah-tengah kabel terdapat filamen glas, yang disebut “core”, dan di kelilingi lapisan “cladding”, “buffer coating”, material penguat, dan pelindung luar.Informasi ditransmisikan menggunakan gelombang cahaya dengan cara mengkonversi sinyal listrik menjadi gelombang cahaya. Transmitter yang banyak digunakan adalah LED atau Laser.Serat-serat ini yang setipis rambut manusia, bisa mentransmisikan hingga 2 miliar getaran per detik (2 Gb); setiap getaran “on” merepresentasikan bit “1″.
Kabel Fiber Optik mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya :
* Kapasitas bandwidth yang besar (gigabit per detik).
* Jarak transmisi yang lebih jauh ( 2 sampai lebih dari 60 kilometer).
* Kebal terhadap interferensi elektromagnetik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar