Jumat, 10 Februari 2012

Pengertian dan contoh Aplikasi Internet

(Pengertian Aplikasi Internet dan Contoh Aplikasinya) – Saat ini aplikasi internet yang tersedia sudah banyak dan akan terus bertambah, wiring dengan kemajuan teknologi informasi. Aplikasi-aplikasi internet ini kemudian digunakan dalam berbagai bidang, seperti akademik, militer, medis, media massa, periklanan, dan berbagai sektor industri.
Aplikasi untuk desain web:

a) SeaMonkey
SeaMonkey dikembangkan oleh Mozilla Foundation. SeaMonkey merupakan “all-in-one” web browser yang sederhana namun canggih untuk editor HTML.

b) KompoZer.
KompoZer adalah fully-featured web authoring system yang terpadu klien FTP yang intuitif dan support untuk semua sistem operasi.

c) NOTEPAD++.
NotePad ++ merupakan aplikasi open source yang sangat popupler sebagai editor teks untuk Windows. Walaupun tidak hanya semata-mata untuk web designer tetapi aplikasi ini memiliki “source code editor” yang mendukung editor HTML, XML, CSS, dan JavaScript.

d) Bluefish Editor.
Bluefish Editor adalah aplikasi yang ringan dan cepat untuk proses editor yang ditujukan untuk perancang dan programer web. Mempunyai fasiltas Wizards yang berguna untuk pembuatan dokumen HTML.

e) Quanta Plus.
Quanta Plus adalah pengembangan Web IDE. Quanta Plus sangat extensible dan dapat menjalankan skrip kustom.
Aplikasi ini sangat baik untuk editor css karena memiliki kode hints dan auto komplet sintaks.

f) Amaya.
Amaya adalah aplikasi gratis, open source web editor dan browser web yang dikembangkan oleh World Wide Web Consortium (W3C). Amaya dimulai sebagai HTML / CSS editor dan telah berkembang menjadi sebuah editor untuk berbagai sistem berbasis XML seperti MathML dan SVG.

g) OPEN BEXI HTML Builder.
OPEN BEXI HTML Builder adalah browser berbasis open source untuk menciptakan aplikasi HTML halaman web. OPEN BEXI HTML Builder memiliki CSS color picker built.

h) jEdit.
jEdit adalah sebuah editor teks untuk programmers. jEdit dapat berjalan di Mac, Windows, dan Linux dan mempunyai fasilitas “syntax highlighting” untuk HTML, XML, CSS, JavaScript dan bahasa pemrograma lainnya.

Aplikasi untuk desain grafis:

Oleh karena desain grafis dibagi menjadi beberapa kategori maka sarana untuk mengolah pun berbeda-beda, bergantung pada kebutuhan dan tujuan pembuatan karya.

i. Aplikasi Pengolah Tata Letak (Layout)
Program ini sering digunakan untuk keperluan pembuatan brosur, pamflet, booklet, poster, dan lain yang sejenis. Program ini mampu mengatur penempatan teks dan gambar yang diambil dari program lain (seperti Adobe Photoshop). Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
- Adobe FrameMaker
- Adobe In Design
- Adobe PageMaker
- Corel Ventura
- Microsoft Publisher
- Quark Xpress

ii. Aplikasi Pengolah Vektor/Garis
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung. Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
- Adobe Illustrator
- Beneba Canvas
- CorelDraw
- Macromedia Freehand
- Metacreations Expression
- Micrografx Designer

iii. Aplikasi Pengolah Pixel/Gambar
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching). Semu objek yang diolah dalam progam-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya, foto. Gambar dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu. Meskipun begitu, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggapa sebagai kumpulan pixel. Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/garis, setelah diolah dengan program pengolah pixel/titik secara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk pixel/titik.
Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah:
- Adobe Photoshop
- Corel Photo Paint
- Macromedia Xres
- Metacreations Painter
- Metacreations Live Picture
- Micrografx Picture Publisher
- Microsoft Photo Editor
- QFX
- Wright Image

iv. Aplikasi Pengolah Film/Video
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah film dalam berbagai macam format. Pemberian judul teks (seperti karaoke, teks terjemahan, dll) juga dapat diolah menggunakan program ini. Umumnya, pemberian efek khusus (special effect) seperti suara ledakan, desingan peluru, ombak, dan lain-lain juga dapat dibuat menggunakan aplikasi ini. Yang termasuk dalam kategori ini adalah:
- Adobe After Effect
- Power Director
- Show Biz DVD
- Ulead Video Studio
- Element Premier
- Easy Media Creator
- Pinnacle Studio Plus
- WinDVD Creater
- Nero Ultra Edition

v. Aplikasi Pengolah Multimedia
Program yang termasuk dalam kelompok ini biasanya digunakan untuk membuat sebuah karya dalam bentuk Multimedia berisi promosi, profil perusahaan, maupun yang sejenisnya dan dikemas dalam bentuk CD maupun DVD. Multimedia tersebut dapat berisi film/movie, animasi, teks, gambar, dan suara yang dirancan sedemikian rupa sehingga pesan yang disampaikan lebih interktif dan menarik.
Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
- Macromedia
- Macromedia Authorware
- Macromedia Director
- Macromedia Flash
- Multimedia Builder
- Ezedia
- Hyper Studio

Aplikasi Multimedia:

1. VLC Media Player
Salah satu aplikasi terbaik di multimedia bebas blok, VLC Media Player yang sangat portabel dan mendukung sebagian besar format audio dan video. Hal ini juga dapat digunakan untuk konversi file media serta protokol streaming. Saya pribadi akan merekomendasikan VLCMP atas prestasi kerjanya, tampilan yang ringan dan fleksibilitas.

2. Songbird
jika Anda ingin alternatif Open Source-disesuaikan ke WMP, Songbird sangat cocok. Hal ini dapat disesuaikan dengan sejumlah plug-in dan menawarkan pengguna berjam-jam pemutaran musik secara mulus.

3. Foobar2000
Foobar2000 Ini aplikasi Windows canggih berbasiskan audio gratis, yang mungkin tidak kelihatan seperti banyak pada pandangan pertama tapi dapat sepenuhnya disesuaikan dengan keinginan Anda langsung dari antarmuka sendiri! Namun, ini merupakan perangkat lunak audio saja.

4. KMPlayer
Freeware lain yang besar untuk memainkan berbagai file audio dan video adalah kmplayer. Menambahkan kemampuan untuk mendukung sejumlah besar format audio video adalah kemampuannya untuk menangkap screenshot dari audio dan video.

5. Media Player Classic
Media Player Classic Meskipun terlihat seperti versi WMP, ia memiliki beberapa fitur tambahan seperti built-in DVD player, dll subjudul dukungan AVI ini juga ringan dan dapat memainkan berbagai format apapun tanpa perlu codec khusus.

6. GOM Player
GOM Player, atau Gretech Online Movie Player adalah aplikasi gratis berbasis Windows media player. Media tradisional ini dapat memainkan hampir semua file media tanpa harus mendapatkan codec.

7. WinAmp
Aplikasi ini mendukung sebagian besar format audio dan video dan juga sync ke pemutar media portabel. Ini akan disesuaikan dan memberikan kualitas Sound yang baik dengan meningkatkan penggunaan plug-in. Namun, aplikasi ini berjalan sedikit lambat.

Aplikasi Internet Browser:

* Mozilla Firefox
dibuat oleh mozilla corporation, firefox adalah salah satu web browser open source yang dibangun dengan Gecko layout engine. Tak hanya handal firefox juga didukung oleh sejumlah Add-ons yang dapat diinstall terpisah yang memungkinkan pengguna melakukan sesuai dengan kegunaan Add-ons tersebut.

* Internet Exporer
Web browser besutan Microsoft Corporation biasanya dikenal dengan nama pendek IE, sejak 1995 IE mulai di masukan sebagai default sotware pada saat instalasi Sistem Operasi Windows, sejak tulisan ini dibuat IE belum lama ini meluncurkan versi IE8.

Pada versi ini dikenalkan salah satu fitur baru yaitu web slice, Web Slice merupakan pilihan akses langsung di Favorit Bar yang muncul setiap kali browser web dibuka. Webslice bisa terdiri dari preview keseluruhan dari sebuah website yang disajikan dengan ukuran kecil tanpa kita membuka tab baru mengunjungi website tersebut, content dari webslice sebuah website bergantung dari penyedia website menyajikan content yang masuk ke webslice.

* Safari
Dibuat oleh Apple Inc, perusahaan yang juga memproduksi komputer Macintosh, iPod, dan juga iPhone. dibangun dengan browser engine WebKit, WebKit juga adalah browser engine pertama yang lulus test Acid3

* Flock
Flock adalab web browser yang dibangun dengan code mozilla frefox yang web browser ini khususkan menyediakan social networking dan Web 2.0

Flock didesain untuk memudahkan aktivitas online pengguna internet mengatur beberapa social networking, web mail, news feeds dan blogs yang mereka miliki. Dengan Mengunakan Flock mereka dapat dengan mudah menjelajah, berbagi, dan menikmati content maupun menjalin hubungan di situs pertemanan yang mereka inginkan.

* Opera
Opera dikembangkan oleh Opera Software company adalah salah satu Web Browser dan juga Internet Suite. Jika firefox punya Add-ons, Opera punya “Opera Widgets”, sebuah aplikasi web kecil yang dijalankan bersamaan dengan Opera yang mempunyai kegunaan tertentu, layaknya Add-ons firefox.

* K-Meleon
K-Meleon salah satu browser gratis dan open source di rilis dibawah Lisensi GNU General Public dan berjalan diplatform Microsoft Windows (Win32) operating systems. Dibangun di atas Gecko layout engine, layout engine yang sama seperti digunakan Mozilla Firefox.

* SeaMonkey
SeaMonkey adalah sebuah proyek komunitas untuk menjadikan SeaMonkey all-in-one internet application suite, seperti software suite populer yang sudah dibuat sebelumnya oleh Netscape dan Mozilla, dan proyek SeaMonkey melanjutkan konsep tersebut. Terdiri dari Internet browser, email & newsgroup client, HTML editor, IRC chat and web development tools, SeaMonkey direkomendasikan bagi advanced users, web developers dan corporate users.

* Camino
Camino, Mozilla Power Mac Style.
Camino adalah open source web browser dikembangkan berfokus pada memberikan experience terbaik kepada pengguna Mac OS X. Camino mengkombinasikan visual sederhana, elegan dan menyajikan pengalaman yang mengagumkan yang menjadi filosofi dari Macintosh dengan Gecko layout engine yang powerful.

* Konqueror
Konqueror adalah web browser, file manager, dll. Konqueror menyediakan file viewer yang bisa mengexplore file-file di komputer anda maupun secara remote ke komputer lain. Protokol yang didukung Konqueror :
1. FTP and SFTP/SSH browser
2. SAMBA (Microsoft file-sharing) browser
3. HTTP browser
4. IMAP mail client
5. ISO (cd image) viewer
6. VNC viewer

Untuk menginstall Konqueror ini anda harus install KDE terlebih dahulu. KDE adalah Desktop Enviroment di keluarga unix, jika anda pengguna windows telebih dahulu install KDE.
Masih banyak web browser yang terdapat di internet, kembali kepada anda untuk mengunakan browsing internet sehari-hari dan install Add-ons atau Widgetnya untuk mendapatkan pengalaman berbeda saat berselancar.

1 komentar: