Jumat, 10 Februari 2012

High Speed ​​Packet Access



High Speed ​​Packet Access (HSPA)  

adalah sebuah penggabungan dari dua protokol telepon selular, Kecepatan Akses Downlink Packet Tinggi (HSDPA) dan High Speed ​​Uplink Packet Access (HSUPA), yang memanjang dan meningkatkan kinerja protokol WCDMA yang ada. Sebuah standar 3GPP lanjut, HSPA Evolved (juga dikenal sebagai HSPA +), dirilis akhir tahun 2008 dengan awal kemudian diadopsi di seluruh dunia dalam 2010.


HSPA mendukung peningkatan tingkat puncak data hingga 14 Mbit / s pada downlink dan 5,76 Mbit / s pada uplink. Hal ini juga mengurangi latency dan menyediakan sampai lima kali kapasitas sistem yang lebih pada downlink dan hingga dua kali kapasitas sistem yang jauh di uplink, mengurangi biaya produksi per bit dibandingkan dengan protokol WCDMA asli. HSPA meningkatkan kecepatan data puncak dan kapasitas dalam beberapa cara:  
Bersama-saluran transmisi, yang menghasilkan efisiensi penggunaan kode yang tersedia dan sumber daya di WCDMA
     Sebuah Transmisi lebih pendek Waktu Interval (TTI), yang mengurangi waktu pulang-pergi dan meningkatkan pelacakan variasi saluran cepat
     Tautan adaptasi, yang memaksimalkan penggunaan saluran dan memungkinkan base station untuk beroperasi di dekat dengan daya maksimum sel
     Cepat penjadwalan, yang memprioritaskan pengguna dengan kondisi saluran yang paling menguntungkan
     Cepat pengiriman ulang dan lembut-menggabungkan, yang selanjutnya meningkatkan kapasitas
     16QAM dan 64QAM (Quadrature Amplitude Modulation), yang menghasilkan lebih tinggi bit-tarif
     MIMO, yang mengeksploitasi keanekaragaman antena untuk memberikan manfaat kapasitas lebih lanjut.

Pada bulan Juli 2010, HSPA secara komersial telah digunakan oleh lebih dari 200 operator di lebih dari 80 negara.

Banyak HSPA rollouts dapat dicapai dengan upgrade software untuk jaringan 3G yang sudah ada, memberikan HSPA headstart melalui WiMAX, yang membutuhkan infrastruktur jaringan khusus. Berbagai kaya perangkat HSPA diaktifkan - lebih dari 1000 tersedia pada bulan Juli 2010 - bersama dengan kemudahan penggunaan yang mengarah ke peningkatan penjualan HSPA-enabled ponsel dan membantu untuk mendorong adopsi HSPA


High Speed ​​Downlink Packet Access (HSDPA)
Langkah pertama yang diperlukan untuk meng-upgrade ke HSPA WCDMA adalah untuk meningkatkan downlink dengan memperkenalkan HSDPA. Downlink ditingkatkan menyediakan sampai 14 Mbit / s dengan latency berkurang secara signifikan. Saluran mengurangi biaya per bit dan meningkatkan dukungan untuk kinerja tinggi aplikasi paket data.

HSDPA didasarkan pada saluran transmisi bersama dan fitur utamanya dibagi saluran dan multi-kode transmisi, modulasi tingkat tinggi, Transmisi Interval Waktu singkat (TTI), adaptasi link cepat dan penjadwalan bersama dengan permintaan ulang cepat Hybrid Otomatis (HARQ).

Upgrade ke HSDPA sering hanya pembaruan perangkat lunak untuk jaringan WCDMA yang paling, dan pada Mei 2008 90 persen dari jaringan WCDMA telah ditingkatkan ke HSDPA. [2]

Panggilan suara biasanya lebih diprioritaskan transfer data.

Tiga jaringan Singapura penyedia M1, StarHub dan SingTel menyediakan hingga 28 Mbit / s sepanjang seluruh pulau. Penyedia Telstra Australia menyediakan sampai 14,4 Mbit / s nasional dan sampai 42Mbit / s di daerah yang dipilih. Kroasia VIPnet jaringan mendukung kecepatan downlink 7,2 Mbit / s, seperti halnya Rogers Wireless di Kanada yang juga mendukung 21 Mbit / s di daerah Toronto [3] Di Korea Selatan., Sebuah 7,2 nasional Mbit / s cakupan sekarang ditetapkan oleh SK Telecom dan KTF. Di Hong Kong, PCCW, CSL dan Hutchinson 3 memberikan 21 Mbit / s cakupan dan [], BPL, MTS dan Tata DoCoMo memberikan kecepatan 21,1 Mbit / s nasional sementara Reliance Adae menyediakan kecepatan hingga 28,8 Mbit / s nasional. Sri-Lanka perusahaan Dialog Mobile juga menyediakan 7,2 Mbit / s sementara Mobitel Pvt Ltd menyediakan 28 Mbit / s.





High Speed ​​Uplink Packet Access (HSUPA)
Langkah besar kedua dalam proses upgrade WCDMA adalah untuk meningkatkan uplink, yang diperkenalkan di 3GPP Release 6. Upgrade ke HSUPA biasanya hanya pembaruan perangkat lunak. Enhanced Uplink menambahkan saluran transportasi baru untuk WCDMA, yang disebut Channel Dedicated Ditingkatkan (E-DCH). Uplink ditingkatkan menciptakan peluang untuk sejumlah aplikasi baru termasuk VoIP, gambar upload dan mengirim besar e-mail. Uplink ditingkatkan meningkatkan data rate (sampai 5,8 Mbit / s), kapasitas, dan juga mengurangi latency. Uplink ditingkatkan fitur perbaikan beberapa mirip dengan HSDPA, termasuk multi-kode transmisi, Transmisi Interval Waktu singkat (TTI), penjadwalan cepat dan cepat Hybrid permintaan ulang Otomatis (HARQ).

Di Singapura, Starhub mengumumkan 1,9 Mbit / s Layanan HSUPA sebagai bagian dari rencana baru MaxMobile pada tanggal 1 Agustus 2007. [4] Di Finlandia, Elisa mengumumkan pada 30 Agustus 2007 1,4 Mbit / s HSUPA untuk kota yang paling besar dengan rencana untuk menambahkan layanan untuk seluruh jaringan 3G-nya dalam beberapa bulan [5]. (pengumuman yang sama berisi janji yang meliputi 25% lebih dari Finlandia pada akhir tahun ini, yang sebenarnya waktu dua tahun lagi untuk menyelesaikan). 3 Italia dan Ericsson mengumumkan pada tanggal 16 Juli 2008, tes sukses HSUPA 5,8 Mbit / s dalam jaringan hidup dari 3 Italia [6] Di Haiti, NATCOM, perusahaan publik mantan sekarang dioperasikan oleh Viettel dari Vietnam,. Menawarkan hingga 7,2 Mbit / s nasional.



Kecepatan Evolved Packet Access Tinggi (HSPA +)
Evolved HSPA (juga dikenal sebagai: Evolusi HSPA, HSPA +) adalah standar broadband nirkabel didefinisikan dalam rilis 3GPP 7 dan 8 dari spesifikasi WCDMA. Evolved HSPA menyediakan kecepatan data hingga 84 Mbit / s pada downlink dan 22 Mbit / s pada uplink (per 5 pembawa MHz) dengan beberapa masukan, output ganda (MIMO) teknologi dan modulasi yang lebih tinggi. Pada tanggal 21 Juli 2010, T-Mobile USA mengumumkan HSPA + layanan untuk 50 pasar dengan rencana untuk meningkatkan ini untuk 100 pasar (185 juta orang) pada akhir tahun.  


Dual-your HSDPA (DC-HSDPA)Dual-your HSDPA, bagian dari 3GPP Release 8, adalah evolusi alami dari HSPA dengan cara agregasi pembawa.  Sebuah HSPA + jaringan secara teoritis dapat mendukung sampai 28 Mbit / s dan 42 Mbit / s dengan pembawa 5 MHz tunggal untuk Rel7 (MIMO) dan Rel8 (Higher Orde Modulation + MIMO), dalam kondisi kanal yang baik dengan korelasi yang rendah antara mengirimkan antena. Atau DC-HSPA dapat digunakan dari mana Release 8 scheduler MAC dapat mengalokasikan dua operator HSPA secara paralel dan menggandakan bandwidth dari 5 MHz sampai 10 MHz. Selain keuntungan throughput dari bandwidth yang dua kali lipat, beberapa keragaman dan keuntungan penjadwalan bersama juga dapat dicapai.  Hal ini terutama dapat meningkatkan QoS (Quality of Service) bagi pengguna akhir dalam kondisi lingkungan yang buruk yang tidak bisa mendapatkan keuntungan dari MIMO dan Modulasi Tinggi hanya . Dari Rilis 9 dan seterusnya maka akan mungkin untuk menggunakan DC-HSDPA dikombinasikan dengan MIMO digunakan pada kedua operator. Dukungan dari MIMO dalam kombinasi dengan DC-HSDPA akan memungkinkan operator menggelar Release 7 MIMO untuk mendapatkan keuntungan dari fungsi DC-HSDPA sebagaimana didefinisikan dalam Release 8.

Perangkat tambahan yang sama seperti diperkenalkan dengan DC-HSDPA pada downlink untuk UMTS Release 8 yang sedang distandarisasi untuk UMTS Rilis 9 di uplink, yang disebut Dual-your HSUPA diterapkan untuk saluran HSUPA UL fisik dan DPCCH..
Sementara agregasi lebih dari dua operator telah dipelajari, spesifikasi 3GPP belum memungkinkan pilihan ini. Namun demikian nampaknya opsi tersebut akan ditambahkan pada keadaan kemudian teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar